Langsung ke konten utama

Analisa Antara Bis Kowanbisata, Senen dan Kampung Melayu


Sejak kuliah, gue selalu menjadi penumpang setia bis kowanbisata. Entah karena apa tapi j’en parle toujours, c’est le bus LE PLUS COMFORTABLE! Padahal, hampir tiap pagi dari Senin sampai Jumat gue harus selalu dempet-dempetan sama penumpang lainnya, rejeki bagus kalau deketan sama cowok ganteng gitu ya tapi mentok-mentok penumpang kece bis kowanbisata ya paling anak uenjeh atau mas-mas yang kerja di Astra. Badan gue kecil, paling sering di-bully sama penumpang lain. Senjata gue kalau pengen dapet tempat duduk, misalkan samping gue ada mas-mas lagi duduk. Liatin aja terus tuh mas-mas dengan tatapan melas, pongo, kalau perlu sambil pegang-pegang perut, nanti insyaAllah dikasih deh (uang? tempat duduk? permen?). Moment atau kejadian yang paling berkesan ketika naik bis itu ya ketika gue berdiri, depan gue ada cowok kece juga berdiri, dan ketika bis nge-rem mendadak tanpa sengaja tangan kita bersentuhan kemudian mata kita bertemu (terdengar lagunya J-Rocks “I’m Fallin In Love”) semua yang ada di dalem bis terlihat slow motion, dan si cowok ganteng itu kemudian bilang “Hai!” sambil lambai-lambai tangan, ternyata ada temennya di belakang gue, #GagalModus. Tapi ya itu sedikit kisah gue di bis, sebenarnya gue mau membeberkan pendapat gue ketika gue naik bis kowan, senen dan kampung melayu. Dan oke, kita mulai dari yang teeeerrrrr..............

1. Kowanbisata
Bis jurusan Cibinong-Pulo Gadung ini emang jadi langganannya mahasiswa uenjeh dan sekitarnya. Tarif bis ini sampai Rawamangun cukup 8.000 aja. Bisnya ber-ac, kecil dan cukup nyaman, dan akan sangan nyaman ketika gue naik bis ini jam 9 sampai jam 2an. Hal-hal yang membuat orang-orang pada demen naik bis ini adalah jalannya yang cepet. Hampir semua bis kowan, abang supirnya bisa nyelap-nyelip. Bayangin! Kemaren gue masuk jam 8. Gue seperti biasa naik bis yang jam 6 dari karanggan. Masuk tol jam 6an, dan karena ada perbaikan jalan di sekitar tol Cibubur, sebelum masuk tol Cimanggis Utama jalanan udah macet. Banyangin! Jam 7an gue masih di sekitaran Cimanggis! Tapi setelah lewat Cibubur, anehnya jalanan lancar dan bis kowan langsung ngepet eh ngepot, ada mobil di depan yang jaraknya ke mobil yang di depannya masih jauh langsung diklasonin, terus ngepot lagi. Gila Gila, keren banget!! Udah gitu, pas mau ke tol Cililitan eh ternyata ada bau-bau kemacetan, akhirnya si abang supir mengarah ke Cawang, dia tidak membiarkan sedikitpun ada jarak dengan mobil di depannya. Pas udah di UKI, si abang kenek udah nyiapin surat-surat kalau nanti ditilang polisi karena bis lewat jalur busway. Dan wuuuuusssss, Gila Gila ini abang supir udah kayak bawa orang yang lagi sekarat, semua yang ngalangin di depan langsung diklaksonin, jam setengah 8 sampai di Prumpung tempat pemberhentian pertama. Dengan nada bangga si abang supir bilang, “Kalau tetep lewat tol, belum sampai kita”.... sembah sembah~ . Selain kekeceannya di atas jalanan, si kowanbisata ini juga JARANG BANGET yang namanya NGE-TEM. Pokoknya gue cocok banget deh sama bis kowan.

2. Bis Kampung Melayu
Gue ga tau kenapa tapi butuh beberapa keyakinan buat gue naik bis ini kalau gue lagi nunggu bis cibinong di Prumpung. Bis ini ga ber-ac, dan sangat kecil kemungkinan bisa bertemu sama cowok kece tapi kalau amang-amang juragan abis belanja dagangan mah banyak. Tarif bis ini juga sangat murah, dari Cibinong mau turun di Prumpung atau sampai ujung terminal Kampung Melayu, cukup bayar 5.000 aja! Dan biarpun penampakan bisnya jelek, kadang bau, kotor, kadang ada binatang gitu ya, tapi dengan sepenuh kekuatan mesin bis ini kalau jalan juga ngebuuuuttt (walaupun ga sekece bis kowan). Sayangnya bis ini kalau ngetem luaammmmaaa. Bahkan sampai ada bis sejenis ini dateng lagi, baru deh berangkat. Pernah suatu siang gitu ketika gue mau ke kampus, gue liat di jagorawi ga ada bis kowan dan akhirnya gue memutuskan naik bis ini, gue duduk di pinggir deket jendela gitu ya dan pas bis ini udah jalan pelan mau berangkat, gue liat ke belakang ada bis kowan baru dateng, rasanya tuh mau bilang ke abang supir “turunin aku! Turunin aku sekarang!!!” (kayak di sinetron-sinetron gitu) tapi gue berusaha ambil hal positifnya, bis ini udah jalan duluan dibanding bis kowan hahaha (tertawa setan ala terminal). SAYANGNYA pas di jalan tol sekitaran Cimanggis, gue melihat ke jendela ada bis kowan yang barusan gue liat masih ngejedog di jagorawi tiba-tiba dengan tampannya lewat di samping jendela gue dan nyelip bis gue dan posisinya berada di depan bis gue. Itu JELEEEEBBB!! Gue pengen teriak, “CULIK GUE, CULIK GUE!!!!! AMBIL GUE DARI SINI!!!!!”. Itu emang gue-nya aja yang lebay, sebenarnya bis kampung melayu ga seseram ini KALAU ada cowok ganteng pasti.

3. Bis Senen
Ini dia, bis yang paling bikin gue geregetan tiap naik. Bis ini ga lewat Rawamangun tapi kalau pulang dia lewat Rawamangun, tarifnya sama kayak bis Kowan mungkin karena sama-sama ber-ac kali ya. Ada bis senen, wujudnya dari luar tuh kacanya gelap, berembun gitu kayaknya segeeerr banget, pas masuk ke dalem........ kipas-kipas, panas! Ketika musim hujan, gue sangat tidak menyarankan untuk naik bis senen karena kita akan mendapatkan surprise, yaitu air yang turun dari atas. Pernah suatu hari ketika itu hujan, ada bis Senen lewat, karena ga mau lama-lama keujanan gue akhirnya naik bis ini dengan tujuan menghindari kehujanan. Tapi ternyata, pas gue duduk, dari atas deket lubang ac netes air, setetes, dua tetes, tiga tetes, dan eugh basah basah juga gue. Gue liat ke sekitar gue, ke depan dua bangku dari tempat duduk gue, turun air di tempat mba-mba dan ini lebih horor di banding di tempat gue. Dan gue liat ke bangku seberang gue, ada cowok anak uenjeh juga, ngeliatin si mba-mba itu sambil gaya yang sok keren gitu karena dia kering, tapi tiba-tiba pas bis ngerem mendadak, byyuuuuuuuurrrrrrr air se-ember turun dari atas kepala dia. Wahahahahaha gue mau berenang gaya salto rasanya. Semenjak itu, gue ga pernah lagi mau naik bis senen ketika musim hujan. Selain itu, hal yang menyebalkan dari bis ini adalah jalannya yang lllaaaammmmmmaaaa!!! Sabtu minggu kemaren, gue ke IFI dan jam 2 gue disuruh pulang cepet sama bokap gue karena pada mau pergi ke Bogor. Akhirnya jam 3 gue keluar dari IFI. Abis naik bis P 9A, di Prumpung gue berharap bisa naik bis kowan ternyata yang lewat malah bis Senen. Gue naik, dan posisi gue berdiri paling depan. Gue geregetan banget, gue liat garis-garis jalan tol itu kayaknya untuk melewati 1 garis butuh 10 detik dan disaat keadaan terburu-buru itu bikin gue gemmmeeessss!!!! Lama! Waktu itu juga ketika gue sama kakak gue janjian pulang bareng dari Gudang Garam, dan kita naik bis ini (bis senen yang paling bagus), saat itu ketika naik pas lewat Rawasari gue tidur dan setelah melewati beberapa episode mimpi akhirnya gue pun terbangun, gue liat pintu tol, gue berkata dalam hati “alhamdulillah udah keluar tol citeureup”, eh pas maju lagi dikit gue baca papan nama tolnya, PEDATI. Tidur lagi, SUNTIK BIUS AJA GUE!.

Ya, sekesimpulan gue adalah, bis kowan emang paling TOP dah, cepet, dan insyaAllah lebih aman. Bis senen, hehehe bisa naik ketika cuaca cerah, dalam keadaan santai dan mood enak. Bis kampung Melayu? Ga buruk-buruk amat, bisa dinaikin ketika keadaan terdesak dan gada bis kowan di Prumpung. Ini Ceritaku, Mana Ceritamu???? :-)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANGKUTAN TRANSPORTASI DI CIBINONG (Kabupaten Bogor) PART 1 ANCOT

Sebagai salah satu warga kabupaten bogor yang baik, saya lebih sering naik transportasi umum untuk menunjang aktivitas sehari-sehari saya, ahahah namanya juga ga bisa mengendarai motor. Nah, saya ingin berbagi informasi mengenai transportasi umum yang ada di daerah sini, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi teman-teman blogwalkers semua. Ancot-ancot (baca: angkot) http://www.goepoet.com/forum/?post=forum&i=134&Trayek%20angkota%20yang%20ada%20di%20bogor%20bro....%20cekidot..&p=f Yah, saya juga gatau kenapa saya nulisnya ‘ancot’, ini bukan budaya orang cibinong tapi ya cuma udah jadi kebiasaan saya aja, hehehe. Jadi ya kita semua tahu kan Kota Bogor juga punya julukan lain selain Kota Hujan tetapi sebagai Kota Ancot. Begitupun di Kabupaten Bogor, ada banyak banget nomor trayek angkot tapi rutenya lumayan lebih jauh dibanding ancot-ancot di Kota Bogor dan juga tarifnya bervariasi, tergatung jarak dan status penumpang; apakah single-doble atau kurus-gendut, haha bo’

REVIEW ALBUM SPEAK NOW

Speak Now, album ketiga Taylor swift ini dirilis pada 25 Oktober 2010. Semenjak dirilis, orang-orang memberikan review yang sangat positif bahkan mendekati sempurna untuk album ini. Melengkapi respon positif dari orang-orang, speak now berhasil dengan hebatnya menembus angka satu juta kopi dalam minggu pertamanya yaitu 1.047.000. Hal ini menyebabkan Swift menjadi artis pertama yang mendapatkan satu juta kopi penjualan albumnya diminggu pertama sejak Garth Brooks ditahun 1994. Speak Now menjadi rekor sebuah album country dari artis wanita. Dan baru masuk tahun 2011, di bulan Februari, speak now berhasil menembus angka 4,4 juta kopi.     DELUXE EDITION                   Semua lagu dalam album ini ditulis dan dicompose langsung oleh Taylor Swift. Speak now bisa dibilang sebagai diary Swift dari 2 tahun kebelakang. Berbicara tentang lagu-lagunya, masing-masing lagu ditujukan kepada orang yang berbeda-beda. Dalam album ini, Swift terinspirasi dari

FAITH: Kisah Cinta Jendral Choi Young dan Tabib Agung Eun Soo

Masih dalam rangka membicarakan serial drama korea FAITH: THE GREAT DOCTOR, aku bisa tau bagaimana cinta tak kenal usia, ruang dan waktu. Tak peduli kepada siapa kita mencinta, ketika cinta sudah datang, tak bisa lagi untuk menolak kehadirannya. Di dalam cerita drama korea ini, selain menceritakan kisah cinta antata pemeran utama Jendral Choi Young dan Tabib Agung Eun Soo, ada juga kisah cinta Raja Gong Min dan Ratu No Gook. Meskipun Jendral Choi Young, Raja Gong Min dan Ratu No Gook adalah tokoh nyata dalam sejarah kerajaan Goryeo di Korea, namun tokoh Tabib Agung hanya fiksi belaka jadi kisah cinta antara Jendral Choi Young dan Tabib Agung ini fiksi juga... Heuhuhu sayang sekali. Tapi for your information aja, usut punya usut, sang pembuat skenario cerita ini terinspirasi oleh istrinya Jendral sendiri dalam memilih nama untuk tabib agung, karena nama marga istrinya jendral adalah "Yoo", mirip kan sama "Yoo Eun Soo"..?! Heheh, dan bunga krisan yang selalu muncu