Langsung ke konten utama

ANGKUTAN TRANSPORTASI DI CIBINONG (Kabupaten Bogor) PART 1 ANCOT

Sebagai salah satu warga kabupaten bogor yang baik, saya lebih sering naik transportasi umum untuk menunjang aktivitas sehari-sehari saya, ahahah namanya juga ga bisa mengendarai motor. Nah, saya ingin berbagi informasi mengenai transportasi umum yang ada di daerah sini, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi teman-teman blogwalkers semua.

Ancot-ancot (baca: angkot)
http://www.goepoet.com/forum/?post=forum&i=134&Trayek%20angkota%20yang%20ada%20di%20bogor%20bro....%20cekidot..&p=f

Yah, saya juga gatau kenapa saya nulisnya ‘ancot’, ini bukan budaya orang cibinong tapi ya cuma udah jadi kebiasaan saya aja, hehehe. Jadi ya kita semua tahu kan Kota Bogor juga punya julukan lain selain Kota Hujan tetapi sebagai Kota Ancot. Begitupun di Kabupaten Bogor, ada banyak banget nomor trayek angkot tapi rutenya lumayan lebih jauh dibanding ancot-ancot di Kota Bogor dan juga tarifnya bervariasi, tergatung jarak dan status penumpang; apakah single-doble atau kurus-gendut, haha bo’ong becanda. Jadi ini dia daftar nomor trayek dan jurusannya.

1.      Trayek 38
Ancot bernomor 38 ini berangkat dari Wanaherang atau Cicadas menuju Pasar Citeureup dan ada juga yang sampai Cikaret.Biasanya ancot yang narik ke Cikaret lewat jalan tol, jadi doi masuk di GT Gunung Putri dan keluar di GT Citeureup (tapi ada juga yang lewat Citeureup). Ancot ini laris manis banget tiap pagi buat nganter bapak-ibu atau mas-mba ke tempat pangkal bis di depan GT Citeureup arah Jakarta maupun Bogor (biasa kita sebut jagorawi).
Warna               : biru
Rute                 : (1) Wanaherang - Griya Bukit Jaya - Cagak, Kamurang - Pasar Citeureup, Jalan baru puspanegara. (2) Wanaherang - Griya Bukit Jaya – Cagak – tol – Cibinong – Pemda – Cikaret.
Jam operasi     : 4.00 – 23.00 WIB
Tarif                : disesuaikan jarak (3.000 – 10.000)*
                          Jarak dekat 3.000      pelajar 2.000 – 3.000

2.      Trayek 64
Ancot bernomor 64 ini berangkat dari Cileungsi menuju Pasar Citeureup dan juga ada yang ke Cibinong (ITC Cibinong, Cirimekar atau kadang lewat jalan mayor oking dan muter langsung di belakang Ramayana Cibinong).Sama halnya dengan ancot 38, ancot 64 yang menuju Cibinong juga biasanya langsung masuk GT Gunung Putri dan keluar GT Citeureup, langsung menuju Cibinong (tapi ada juga yang lewat Citeureup).Ancot ini juga selalu laris manis tiap pagi.
Warna             : biru
Rute            : (1) Cileungsi - Griya Bukit Jaya - Cagak, Kamurang - Pasar Citeureup, Jalan baru puspanegara. (2) Cileungsi - Griya Bukit Jaya – Cagak – tol – Cibinong – Terowongan fly over Carrefour Cibinong.
Jam operasi     : 4.00 – 23.00
Tarif                : disesuaikan jarak (3000 – 10.000)*
                          Jarak dekat 3.000      pelajar 2.000 – 3.000


3.      Trayek 08
Ancot bernomor 08 ini menghubungkan Citeureup dan Pasar Anyar Bogor melalui jalan mayor oking atmajaya Cibinong dan jalan raya jakarta-bogor. Ancot ini paling mudah ditemukan karena paling banyak armadanya.
Warna             : biru dan hijau
Jam operasi     : 4.00 – 22.00
Tarif                : disesuaikan jarak (3000 – 15.000)*
                          Jarak dekat 3.000      pelajar 2.000 – 3.000

4.      Trayek 41
Ancot bernomor 41 ini menghubungkan Cibinong dan Cisalak. Saya baru ngeh ada angcot ini pas SMA karena teman-teman banyak yang tinggal di daerah Cilodong-Cilangkap. Nah berhubung saya cuma sesekali naik ancot ini pas mau kerja kelompok sama teman saya yang rumahnya di entah jauh sekali bagi saya, jadi saya kurang tahu mengenai ancot ini. Pokoknya kita sudah bisa menemukan ancot ini di putaran depan ITC Cibinong.
Warna             : biru
Jam operasi     : standar
Tarif                : disesuaikan jarak (>= 3000)


5.      Trayek 32
Akhir-akhir ini selalu naik ancot ini untuk sampai di sekolah tempat saya melakukan penelitian skripsi. aku ga tau banyak tentang ancot ini, yang jelas bentuknya itu kayak ancot-ancot di jekardah menuruh aku.

6.      Trayek 35
aku pun tak tahu.. huhuhu (yampun nis, niat ga sih bikin postingan ini huhuhu)

7.      Trayek 31
ini ancot buat ke stasiun bojong gede. udah ga tau lagi, huhuhu

8.      Trayek Karanggan 66
Ancot ini membantu banget buat yang tinggal di daerah Cagak dan Karanggan. Ets Karanggannya beda yah sama Kranggan di Cibubur, kalau di sini itu yah masih di daerah kampuangh. Perjalanan dimulai dari boncang (SDN Gunung Putri 05) sampai Rumah Sakit Annisa, yang letaknya di jalan besar yang menghubungkan Citeureup – Cibinong.Jadi, di ujung Karanggan sono sering banget jadi titik macet karena banyaknya ancot ngetem dan berenti untuk nurunin atau naikin penumpang.Supirnya bervariasi, dari yang baru lulus SMP sampai aki-aki juga ada dan tarifnya murah banget mengingat jarak rutenya yang lumayan jauh.
Warna             : biru
Jam operasi     : 5.00 – 20.30
Tarif                : disesuaikan jarak (3000 – 5.000)
                          Jarak dekat 3.000      pelajar 1.000 – 3.000


9.      Trayek Nambo – Citeureup
Trayek ini laris karena ada SMP di ujung nambo sana padahal ini tuh daerah kampuangh juga yang masih banyak kerbaunya, ohya sama karena ada kawasan industry ARTEC, jadi keseringan ramai pas hari kerja aja.
Warna             : biru
Rute             : Nambo, ARTEC, masjid As-salam, Indocement, Kamurang, Pasar Citeureup, Jalan baru puspanegara
Jam operasi     : 5.00 –  sekitaran maghrib
Tarif                : disesuaikan jarak (3000 – 5.000)
                          Jarak dekat 3.000      pelajar 1.000 – 3.000

1.  Trayek Lulut – Nambo
Trayek ini mirip sama trayek ancot dari Nambo yang selalu ramai pas pagi hari dan jam pulang kerja pabrik.
Warna             : biru
Rute               : Lulut, ARTEC, masjid As-salam, Indocement, Kamurang, Pasar Citeureup, Jalan baru puspanegara
Jam operasi     : 5.00 – sekitaran maghrib
Tarif                : disesuaikan jarak (3000 – 5.000)
                          Jarak dekat 3.000      pelajar 1.000 – 3.000

11.  Trayek Cagak – Cikuda
ancot ini jarang, sepi dan huhuhu. biasanya kalau saya lagi lari pagi hari Minggu ke griya, saya pulangnya naik ancot ini nih gegara sudah setengah tewas hahaha.



Nah untuk jam operasi paling malam itu sebenarnya disesuaikan ya jadi biasanya ya ga sampai akhir tujuan dan ga semua armada beroperasi semua sampai jam malam.Jadi ya cari aman ya jangan pulang malem yaa ngeri loh malem-malem emang cewek apaan, lagian kalau malem-malem temennya waria semua hiiyyy.

Ohya, jangan lupa juga pastikan jurusan ancot yang mau kamu naikin itu sesuai sebelum masukin kepala kamu ke ancot.Misalnya posisi kita di Ciriung Cibinong mau ke Indocemet yang ada di perbatasan Citeureup - Gunung Putri. Nah ketika ada ancot nomor 64 berhenti, kita tanya dulu sebelum naik meskipun kita tahu trayek 64 kan ngelewatin Indocement, tanya “Cileungsi, bang?”, takut-takut itu sebenarnya ancot mau muter balik, kan berabe nyasar, heheh. Dan kalau kita menjadi penumpang seorang diri yang ada di ancot itu, dan tiba-tiba abang supir bertanya “turun di mana neng?”, plis jawab aja ga usah su’uzon pake nimbal balik “kepo deh”, atau “mau tau aja apa mau tau banget?”, jangan ge-er, karena sebenernya kali aja kamu itu mau diturunin sama abang supirnya, hehehe. Dan kalau diturunin, it’s free, ga usah bayar!!

Dan pengalaman saya yang sejak SMP menjadi salah satu ancot-user, perubahan tarif ancot dari tahun ke tahun karena kenaikan BBM udah sering banget saya alami. Dari harga ancot cuma gope sampe yang paling jauh pernah saya bayar itu 24 ribu rupiah pernaaaahh!, karena waktu saya berdelapan sama geng saya, hahaha. Jadi apa ya, seiring metamorfosisnya tariff ancot, selaras juga dengan semakin banyak kenangan di dalam ancot. Saya juga jadi tahu kalau tidak semua ancot itu sama. Ada yang begajulan. Ya ALLAH ini mah ancot-ancot wanaherang atau cileungsi nih, akibat terkena macet di Cagak. Dulu tuh ya pas jaman SMP dan SMA, naik ancot di jam sibuk mendingan ga usah sama ibu-ibu deh, berisik. Pasti bakal komat-kamit gara-gara ancotnya udah miring 45 derajat di pinggir kali. Karena saya masih muda sih saya pikirnya uji adrenalin, lah kalau ibu-ibu, apa ga dimaki-maki itu supir ancot!, hahaha. Tapi untungnya, akhir-akhir ini saya naik ancot lewat sana, kemacetannya udah ga terlalu parah, jadi ancot-ancot bisa sedikit kalem.Tapi ada juga ancot yang kalem banget, saking kalemnya tuh ancot mau-maunya nungguin calon penumpang yang masih ngunci pintu rumahnya.Kebayang ga ngetemnya berapa lama.Yang gedeg sih ya kalau nungguin calon penumpang dari ujung mata memandang doi berjalan di gang rumahnya, eh pas udah mau deket ancot, tangannya melambai-lambai, dia kira lagi ajang kecantikan kali ya, harus nungguin dia dadah-dadah dari deket.
Pokoknya banyak kenangan di ancot. Saya kan juga sebenarnya orangnya mabuk kendaraan, bahkan sampai sekarang, meski ga separah dulu. Waktu SMP saya beberapa kali muntah di ancot.Sering juga jatuh bahkan pernah sampai terlentang pas mau turun dari ancot. Tapi pas SMA, saya udah ga pernah ada aneh-aneh lagi di ancot, alhamdulillah. Tapi fenomena anak sekolah pacaran sama supir ancot marak di sini apalagi untuk sekolah-sekolah yang banyak a-be-ge labil bin alaynya. Pernah suatu ketika abis pulang kuliah, waktu itu sore-sore menjelang maghrib. Di samping kursi supir duduk siswi SMP, berkerudung putih. Saya awalnya ga naruh curiga, tapi pas saya udah mau sampai tempat saya biasa turun dari ancot, si supir nanya ke saya “teh turun dimana?”, saya bilang “di depan masjid bang”. Berhubung tempat saya turun ini termasuk yang paling mentok, jadi sering supir nanya gitu TAPI biasanya pas emang tinggal saya sendiri yang jadi penumpang. Eh kemudian setelah saya turun, ternyata ancotnya muter lagi, lah itu anak SMP ga pulang-pulang apa ke rumahnya ? lagian di daerah sini, ga ada sekolah pulang sampai sore banget. Ckckck anak jaman sekarang yah, bikin pusing pala pak Yasin.

Nah, jadi pengunjung sekalian, sebelum lanjut ke angkutan lainnya yaitu Bis, sepertinya akan saya lanjut ke PART 2 aja yah, ga kerasa bacot banget ini mulut ceritainnya. Yah semoga postingan selanjutnya lebih banyak MANFAATnya dibanding basa-basi saya, hehehe.Tapi gapapalah, blog-blog saya.Salam damai selalu. Ingat BAYAR SESUAI TARIF tjooooyy!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW ALBUM SPEAK NOW

Speak Now, album ketiga Taylor swift ini dirilis pada 25 Oktober 2010. Semenjak dirilis, orang-orang memberikan review yang sangat positif bahkan mendekati sempurna untuk album ini. Melengkapi respon positif dari orang-orang, speak now berhasil dengan hebatnya menembus angka satu juta kopi dalam minggu pertamanya yaitu 1.047.000. Hal ini menyebabkan Swift menjadi artis pertama yang mendapatkan satu juta kopi penjualan albumnya diminggu pertama sejak Garth Brooks ditahun 1994. Speak Now menjadi rekor sebuah album country dari artis wanita. Dan baru masuk tahun 2011, di bulan Februari, speak now berhasil menembus angka 4,4 juta kopi.     DELUXE EDITION                   Semua lagu dalam album ini ditulis dan dicompose langsung oleh Taylor Swift. Speak now bisa dibilang sebagai diary Swift dari 2 tahun kebelakang. Berbicara tentang lagu-lagunya, masing-masing lagu ditujukan kepada orang yang berbeda-beda. Dalam album ini, Swift terinspirasi dari

FAITH: Kisah Cinta Jendral Choi Young dan Tabib Agung Eun Soo

Masih dalam rangka membicarakan serial drama korea FAITH: THE GREAT DOCTOR, aku bisa tau bagaimana cinta tak kenal usia, ruang dan waktu. Tak peduli kepada siapa kita mencinta, ketika cinta sudah datang, tak bisa lagi untuk menolak kehadirannya. Di dalam cerita drama korea ini, selain menceritakan kisah cinta antata pemeran utama Jendral Choi Young dan Tabib Agung Eun Soo, ada juga kisah cinta Raja Gong Min dan Ratu No Gook. Meskipun Jendral Choi Young, Raja Gong Min dan Ratu No Gook adalah tokoh nyata dalam sejarah kerajaan Goryeo di Korea, namun tokoh Tabib Agung hanya fiksi belaka jadi kisah cinta antara Jendral Choi Young dan Tabib Agung ini fiksi juga... Heuhuhu sayang sekali. Tapi for your information aja, usut punya usut, sang pembuat skenario cerita ini terinspirasi oleh istrinya Jendral sendiri dalam memilih nama untuk tabib agung, karena nama marga istrinya jendral adalah "Yoo", mirip kan sama "Yoo Eun Soo"..?! Heheh, dan bunga krisan yang selalu muncu