Langsung ke konten utama

Terimakasih Arsenal

Gatau lagi gimana senengnya aku ketika hari itu datang, hari yang selalu aku bertanya-tanya kapan datang tapi ternyata saat ini telah datang. Hari ketika Arsenal ke Indonesia. Kepastian Arsenal bakal datang ke Indonesia emang udah diumumkan beberapa bulan sebelumnya, dan penjualan tiket nontonnya juga udah dari sekitar 2 bulan sebelumnya. Tapi aku ga nyangka bakal secepat ini, 14 Juli.
Arsenal tiba di Indonesia hari Jumat sekitar jam 4 sore. Aku iri banget sama teman-teman aku yang bisa ikut jemput mereka di bandara Halim, uuh kalau UAS SP nya ga telat dilaksanakan, pasti aku bakal lebih cepat selesai atau coba aja UAS SP ga dimajuin jadi hari Jum’at, mungkin aku akan ambil jatah buat ikut jemput mereka. Kata Risti sama Kinan yang ikut jemput, mereka  tuh GANTEEEENNNNGGG nya KJGSJDYRDJSGDKIYDIWTDUSAGDUSDF.

Aku pantau berita mereka lewat twitter, aku mengandalkan wifi kampus, duduk aja di BAAK, sendirian. Pas mulai pada share photo-photo mereka, apalagi photo Theo Walcott yang dishare sama @officialafc_id lagi pake kalungan buka sama blankon gitu, aaaaakkkk itu photonya kok kayak ngajakin nikah banget deh, ihhhh *suasana pengantin baru masih terasa*. Dan hampir aja aku teriak di BAAK.

Aku pulang ke rumah, aku liat berita kedatangan mereka di TV, aaahh walaupun udah dateng ke sini kenapa masih susah buat ketemu mereka ya. Tapi ga, aku inget pengumuman dari AIS kalau pemegang tiket khusus AIS bisa dipakai buat lihat mereka latian di GBK hari Sabtu jam 8 malam. Akhirnya aku ga nyia-nyia-in lah kesempatan itu, aku tau juga sih dari Sabtu paginya juga banyak acara di GBK, ada Arsenal fair, coaching clinic, terus yang DahSyat juga, tapi kebanyakan itu buat peserta AIIG, sedangkan aku kan bukan, jadi aku putusin ke GBK nya sore aja biar ga kelamaan nunggu latihannya.

Bermodal nekat, aku dapet arahan dari Franky gimana ke GBK, naik APTB! Akhirnya aku sama Guntur berangkatlah ke Senayan. Pas sampai masih gerimis ternyata, dan akhirnya kita masuk ke Arsenal Fair aja sambil neduh karena hujan malah makin deras dan kita juga sambil nunggu buka puasa. Di sana aku ketemu teman-teman kampus kayak Rispi, Azizah, Jordi, kak Sulis, kak Meika dan lain-lain. Di sana aku juga photo-photo pakai kameranya si Guntur dan Rispi, haaaah tapi sampai sekarang belum dikirimin photo-photonya.  Kita semua duduk aja sambil nungguin jam 8, eh akhirnya sekitar jam setengah 8 malam, kita semua mulai menuju pintu masuk tuh, Cuma pintu 7 doang yang dibuka. Akhirnya kita masuk dan selama latihan itu aku ga bisa ngomong apa-apa. Mereka latihan sambil gegerimisan, dan mereka sesekali juga ngelambaikan tangan ke arah kami, ah aku speechless banget, saat itu aku bisa melihat mereka langsung di tempat dan waktu yang sama. Untung aja aku ga sampai nangis ya, kalau aku sampai nangis, aku pasti udah nelen ludah sendiri karna udah ngolok-ngolok fans Justin Bieber waktu itu, hahahah. Tapi perasaan aku makin luluh dan aku ga bisa tahan pas banner AIS Regional Ternate di pasang tepat di sebelah kanan atas aku duduk, semua penonton langsung tepuk tangan. Aku langsung mikir, apa yang aku lakukan ini masih belum ada apa-apanya dibanding yang lain, aku pasti bakal nyesel banget kalau aku ga datang hari ini dan hari pertandingannya. Aku merinding ngeliat antusiasme anak-anak AIS dari seluruh regional yang ada di Indonesia, dari Aceh sampai Ternate atau mungkin ada yang lebih jauh lagi, aku salut banget.

Keesokan harinya, hari dimana sudah bertahun-tahun aku tunggu, ngeliat mereka bertanding lawan orang-orang negeri sendiri. Indonesia Dream Team vs Arsenal FC. Aku berangkat bareng rombongan AIS Regional Bogor. AIS Regional Bogor membawa 5 bis ke GBK, kami berangkat jam 2 siang lewat, dan sampai GBK jam 3 lewat. Pas di parkiran, banyak banget bis-bis dari regional lain yang udah diparkir. Dari daerah Jawa Barat sampai Jawa Timur, juga dari luar Jawa juga. Masih sore, GBK udah penuh sama orang-orang berbaju merah putihnya Arsenal. Beberapa pakai jersey away Arsenal yang berwarna kuning, biru, merah maroon. Beberapa juga ada yang pakai kaos Indonesia. Tukang-tukang jualan berbagai pernak-pernik Arsenal dan Indonesia juga meramaikan warna Senayan saat itu. Sungguh pemandangan yang bagus banget menurut aku. Kalau biasanya aku ketemu orang di jalan pakai jersey Arsenal, aku pasti langsung ngeliatin dan berpikir mereka itu kayak saudara jauh aku, mungkin teman di facebook dan twitter juga, dan hari itu aku merasa pun merasa saudara aku benar-benar banyak juga. Saudara se-idola. Lebih merinding lagi ketika aku berada di masjid Albina, ketika solat berjamaah, semuanya berwarna merah, dan ga sedikit juga orang-orang yang nunggu gantian solat malah jadi motoin mereka. Benar-benar merinding.

Ketika azan magrib, kami Cuma minum air putih untuk membatalkan puasa dan langsung solat maghrib dijamak solat isya. Ini bukan karena kami ga punya makanan, tapi untuk menghemat waktu, karena jam 7 kami sudah bisa masuk stadion. Setelah solat, aku langsung berkumpul sama teman-teman aku yang samaan tiketnya, kategori 1 gate 2. Ada Azizah, Rispi, Jordi, Inten, kak Evan, pacarnya kak Evan Iput, dan Bayu. Kami pun langsung masuk dan cari tempat paling asik. Jam 7 kita udah ada di dalam stadion, sedangkan pertandingan kick-off pukul 20.45. ouufff lama banget ya, hal ini kami gunakan untuk lanjutin buka puasa yang tadi, untung semuanya pada bawa makanan yang banyak, udah kayak mau piknik deh, hahaha. Beberapa menit kemudian, pemain-pemain Indonesia masuk lapangan, mereka latihan gitu dan disambut tepuk tangan se-stadion. Ga lama kemudian, pemain-pemain arsenal juga masuk ke lapangan, sambutannya pasti lebih meriah lah, aku juga, semua penonton pada berdiri sambil teriak-teriak, termasuk aku. Apalagi tiap kamera fokus ke pemain Arsenal, kita semua pada histeris gitu, termasuk pas nyorot Giroud, dia latihan sambil pakai headphone gitu, ah gila karene banget itu orang. Terus dia malah joget-joget, makin aja pada histeris apalagi cewek-cewek, hahahaha termasuk aku deh pokoknya. Setengah jam sebelum kick-off, semua pemain masuk lagi buat persiapan. Pas itu Stuart, fotografer Arsenal keliling lapangan buat sengaja foto-in penonton, semua teriak minta diphoto, hahaha. Ramah banget deh dia. Terus si Gunnersaurus, maskotnya Arsenal juga keliling lapangan ngasih salam ke semua penonton yang hadir, sambil bertingkah lucu gitu deh terus joget-joget, ihhh pokoknya lucu banget Gunnersaurus ini. pengen dibawa pulaaaaanng....

Akhirnya, ada suara muncul, dan satu-persatu membacakan nama pemain yang masuk dalam starting eleven dan yang jadi subtitles. Setiap satu nama dipanggil pasti diteriakin.Dan akhirnya semua pemain masuk, dan kita semua berdiri. Aku kira kita bakal nyanyiin lagu Indonesia Raya dulu, ternyata engga, yah pasti bakal merinding banget kalau nyanyiin Indonesia Raya se-stadion. Kemudian pertandinganpun dimulai. Kami semua ngechants Arsenal, dan beberapa kali juga neriakin Indonesia Indonesia apalagi pas Indonesia mulai lemah lagi pertahanannya. Pertandingannya benar-benar ga seimbang, apalagi pas babak kedua mulai, keliatan banget pemain-pemain Indonesia semuanya udah pada kelelahan, larinya lamaa banget, ga ada tenaganya. Emang beda banget ya kualitas stamina orang lokal sama luar, liat pemain Arsenal staminanya masih pada stabil. Jadi wajar aja kalau akhirnya Indonesia kebobolan 7-0. Apalagi di gol-gol babak kedua itu Cuma beda waktunya sebentar-sebentar, kayaknya gampang banget gitu. Hampir semua pemain kesukaanku di Arsenal dimaenin, kecuali Wilshere, katanya sih dia sakit flu, huuu cepat sembuh ya Jack!. Pemain muda Arsenal juga pada unjuk kebolehan loh, Esfield ngegol juga, Ramsey sama Gibbs mereka mainnya juga luar biasa banget deh, semua teman-teman aku pada muji Ramsey, hahahaah tumben, mudah-mudahannya Ramsey bisa main bagus terus seperti ini. Waktu 90 menitan ini kenapa terasa cepat banget ya, ga kayak waktu nonton di rumah. Haaaaaaah sedih juga akhirnya, tapi pas seusai pertandingan, pemain-pemain Arsenal pada ketengah lapangan sambil bawa spanduk bertuliskan “Terimakasih Atas Dukungan Anda” sambil muter-muter menghadap ke semua sisi dan sudut lapangan. Ahhh, terimakasih juga sudah datang ke Indonesia, terharu banget. Abis itu beberapa pemain pun ngiterin lapangan ngasih salam ke semua penonton, betapa senangnya perasaan gooners yang ada di GBK saat itu, kami semua masih bertahan di stadion, sampai lapangan sudah ga ada pemain-pemain lagi, dan ga terasa juga satu persatu penonton mulai keluar Stadion, tapi kami ga mau ketinggalan photo-photo.

Aku pun mengakhiri perjalanan indah ini, pulang ke rumah bersama rombongan AIS Bogor lagi dan mimpi indah. Semoga tahun depan Arsenal ke sini lagi ya, kalau tidak bisa tahun depan, yaa di tahun-tahun berikutnya deh, tapi jangan lama-lama juga. Hehehe. Puasa gelar selama 8 tahun ini ternyata ga sebanding sama loyalitas pendukung Arsenal yang sangat banyak di Indonesia. Walaupun berada di urutan ketiga fans terbanyak di Indonesia, setelah MU dan Liverpool, tapi fans Arsenal ini yang paling terkoordinasi dengan baik. Semoga aja secepatnya juga aku bisa nonton mereka langsung di stadion emirates, London. Aku sih yakin aku bisa ke sana suatu saat nanti dan nonton mereka. Dan soal puasa gelar mereka, mau 5, 8 atau 10 tahun lagi atau bahkan lebih dari itu juga aku tetep dukung mereka. Kan seperti kata Dennis Bergkamp, “I really like Arsenal. Do you love Arsenal or Arsenal with trophies?”. With or without trophies, I do love this club.


WE LOVE YOU ARSENAL, WE DO...
WE LOVE YOU ARSENAL, WE DO..
WE LOVE YOU ARSENAL, WE DO..
OOOHH ARSENAL,WE LOVE YOU!!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANGKUTAN TRANSPORTASI DI CIBINONG (Kabupaten Bogor) PART 1 ANCOT

Sebagai salah satu warga kabupaten bogor yang baik, saya lebih sering naik transportasi umum untuk menunjang aktivitas sehari-sehari saya, ahahah namanya juga ga bisa mengendarai motor. Nah, saya ingin berbagi informasi mengenai transportasi umum yang ada di daerah sini, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi teman-teman blogwalkers semua. Ancot-ancot (baca: angkot) http://www.goepoet.com/forum/?post=forum&i=134&Trayek%20angkota%20yang%20ada%20di%20bogor%20bro....%20cekidot..&p=f Yah, saya juga gatau kenapa saya nulisnya ‘ancot’, ini bukan budaya orang cibinong tapi ya cuma udah jadi kebiasaan saya aja, hehehe. Jadi ya kita semua tahu kan Kota Bogor juga punya julukan lain selain Kota Hujan tetapi sebagai Kota Ancot. Begitupun di Kabupaten Bogor, ada banyak banget nomor trayek angkot tapi rutenya lumayan lebih jauh dibanding ancot-ancot di Kota Bogor dan juga tarifnya bervariasi, tergatung jarak dan status penumpang; apakah single-doble atau kurus-gendut, haha bo’

REVIEW ALBUM SPEAK NOW

Speak Now, album ketiga Taylor swift ini dirilis pada 25 Oktober 2010. Semenjak dirilis, orang-orang memberikan review yang sangat positif bahkan mendekati sempurna untuk album ini. Melengkapi respon positif dari orang-orang, speak now berhasil dengan hebatnya menembus angka satu juta kopi dalam minggu pertamanya yaitu 1.047.000. Hal ini menyebabkan Swift menjadi artis pertama yang mendapatkan satu juta kopi penjualan albumnya diminggu pertama sejak Garth Brooks ditahun 1994. Speak Now menjadi rekor sebuah album country dari artis wanita. Dan baru masuk tahun 2011, di bulan Februari, speak now berhasil menembus angka 4,4 juta kopi.     DELUXE EDITION                   Semua lagu dalam album ini ditulis dan dicompose langsung oleh Taylor Swift. Speak now bisa dibilang sebagai diary Swift dari 2 tahun kebelakang. Berbicara tentang lagu-lagunya, masing-masing lagu ditujukan kepada orang yang berbeda-beda. Dalam album ini, Swift terinspirasi dari

FAITH: Kisah Cinta Jendral Choi Young dan Tabib Agung Eun Soo

Masih dalam rangka membicarakan serial drama korea FAITH: THE GREAT DOCTOR, aku bisa tau bagaimana cinta tak kenal usia, ruang dan waktu. Tak peduli kepada siapa kita mencinta, ketika cinta sudah datang, tak bisa lagi untuk menolak kehadirannya. Di dalam cerita drama korea ini, selain menceritakan kisah cinta antata pemeran utama Jendral Choi Young dan Tabib Agung Eun Soo, ada juga kisah cinta Raja Gong Min dan Ratu No Gook. Meskipun Jendral Choi Young, Raja Gong Min dan Ratu No Gook adalah tokoh nyata dalam sejarah kerajaan Goryeo di Korea, namun tokoh Tabib Agung hanya fiksi belaka jadi kisah cinta antara Jendral Choi Young dan Tabib Agung ini fiksi juga... Heuhuhu sayang sekali. Tapi for your information aja, usut punya usut, sang pembuat skenario cerita ini terinspirasi oleh istrinya Jendral sendiri dalam memilih nama untuk tabib agung, karena nama marga istrinya jendral adalah "Yoo", mirip kan sama "Yoo Eun Soo"..?! Heheh, dan bunga krisan yang selalu muncu