Sebagai
salah satu warga kabupaten bogor yang baik, saya lebih sering naik transportasi
umum untuk menunjang aktivitas sehari-sehari saya, ahahah namanya juga ga bisa
mengendarai motor. Nah, saya ingin berbagi informasi mengenai transportasi umum
yang ada di daerah sini, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi teman-teman
blogwalkers semua.
Ancot-ancot (baca: angkot)
http://www.goepoet.com/forum/?post=forum&i=134&Trayek%20angkota%20yang%20ada%20di%20bogor%20bro....%20cekidot..&p=f |
Yah, saya juga gatau kenapa saya
nulisnya ‘ancot’, ini bukan budaya orang cibinong tapi ya cuma udah jadi
kebiasaan saya aja, hehehe. Jadi ya kita semua tahu kan Kota Bogor juga punya
julukan lain selain Kota Hujan tetapi sebagai Kota Ancot. Begitupun di
Kabupaten Bogor, ada banyak banget nomor trayek angkot tapi rutenya lumayan lebih
jauh dibanding ancot-ancot di Kota Bogor dan juga tarifnya bervariasi,
tergatung jarak dan status penumpang; apakah single-doble atau kurus-gendut,
haha bo’ong becanda. Jadi ini dia daftar nomor trayek dan jurusannya.
1. Trayek 38
Ancot bernomor 38 ini berangkat dari Wanaherang atau
Cicadas menuju Pasar Citeureup dan ada juga yang sampai Cikaret.Biasanya ancot
yang narik ke Cikaret lewat jalan tol, jadi doi masuk di GT Gunung Putri dan
keluar di GT Citeureup (tapi ada juga yang lewat Citeureup). Ancot ini laris
manis banget tiap pagi buat nganter bapak-ibu atau mas-mba ke tempat pangkal
bis di depan GT Citeureup arah Jakarta maupun Bogor (biasa kita sebut
jagorawi).
Warna :
biru
Rute : (1) Wanaherang - Griya Bukit
Jaya - Cagak, Kamurang - Pasar Citeureup, Jalan baru puspanegara. (2)
Wanaherang - Griya Bukit Jaya – Cagak – tol – Cibinong – Pemda – Cikaret.
Jam operasi : 4.00 –
23.00 WIB
Tarif :
disesuaikan jarak (3.000 – 10.000)*
Jarak dekat 3.000 pelajar 2.000 – 3.000
2. Trayek 64
Ancot bernomor 64 ini berangkat dari Cileungsi menuju
Pasar Citeureup dan juga ada yang ke Cibinong (ITC Cibinong, Cirimekar atau
kadang lewat jalan mayor oking dan muter langsung di belakang Ramayana
Cibinong).Sama halnya dengan ancot 38, ancot 64 yang menuju Cibinong juga biasanya
langsung masuk GT Gunung Putri dan keluar GT Citeureup, langsung menuju
Cibinong (tapi ada juga yang lewat Citeureup).Ancot ini juga selalu laris manis
tiap pagi.
Warna : biru
Rute : (1) Cileungsi - Griya Bukit
Jaya - Cagak, Kamurang - Pasar Citeureup, Jalan baru puspanegara. (2) Cileungsi
- Griya Bukit Jaya – Cagak – tol – Cibinong – Terowongan fly over Carrefour
Cibinong.
Jam operasi : 4.00 – 23.00
Tarif :
disesuaikan jarak (3000 – 10.000)*
Jarak dekat 3.000 pelajar 2.000 – 3.000
3.
Trayek 08
Ancot bernomor
08 ini menghubungkan Citeureup dan Pasar Anyar Bogor melalui jalan mayor oking
atmajaya Cibinong dan jalan raya jakarta-bogor. Ancot ini paling mudah
ditemukan karena paling banyak armadanya.
Warna : biru
dan hijau
Jam operasi : 4.00 –
22.00
Tarif :
disesuaikan jarak (3000 – 15.000)*
Jarak dekat 3.000 pelajar 2.000 – 3.000
4.
Trayek 41
Ancot bernomor
41 ini menghubungkan Cibinong dan Cisalak. Saya baru ngeh ada angcot ini pas
SMA karena teman-teman banyak yang tinggal di daerah Cilodong-Cilangkap. Nah
berhubung saya cuma sesekali naik ancot ini pas mau kerja kelompok sama teman
saya yang rumahnya di entah jauh sekali bagi saya, jadi saya kurang tahu
mengenai ancot ini. Pokoknya kita sudah bisa menemukan ancot ini di
putaran depan ITC Cibinong.
Warna : biru
Jam operasi :
standar
Tarif :
disesuaikan jarak (>= 3000)
5. Trayek 32
Akhir-akhir ini selalu naik ancot ini untuk sampai di
sekolah tempat saya melakukan penelitian skripsi. aku ga tau banyak tentang
ancot ini, yang jelas bentuknya itu kayak ancot-ancot di jekardah menuruh aku.
6. Trayek 35
aku pun tak
tahu.. huhuhu (yampun nis, niat ga sih bikin postingan ini huhuhu)
7. Trayek 31
ini ancot buat ke stasiun bojong gede. udah ga tau
lagi, huhuhu
8. Trayek
Karanggan 66
Ancot ini membantu banget buat yang tinggal di daerah
Cagak dan Karanggan. Ets Karanggannya beda yah sama Kranggan di Cibubur, kalau
di sini itu yah masih di daerah kampuangh. Perjalanan dimulai dari boncang (SDN
Gunung Putri 05) sampai Rumah Sakit Annisa, yang letaknya di jalan besar yang
menghubungkan Citeureup – Cibinong.Jadi, di ujung Karanggan sono sering banget
jadi titik macet karena banyaknya ancot ngetem dan berenti untuk nurunin atau
naikin penumpang.Supirnya bervariasi, dari yang baru lulus SMP sampai aki-aki
juga ada dan tarifnya murah banget mengingat jarak rutenya yang lumayan jauh.
Warna : biru
Jam operasi : 5.00 –
20.30
Tarif :
disesuaikan jarak (3000 – 5.000)
Jarak dekat 3.000 pelajar 1.000 – 3.000
9. Trayek
Nambo – Citeureup
Trayek ini laris karena ada SMP di ujung nambo sana
padahal ini tuh daerah kampuangh juga yang masih banyak kerbaunya, ohya sama
karena ada kawasan industry ARTEC, jadi keseringan ramai pas hari kerja aja.
Warna : biru
Rute : Nambo, ARTEC, masjid
As-salam, Indocement, Kamurang, Pasar Citeureup, Jalan baru puspanegara
Jam operasi : 5.00
– sekitaran maghrib
Tarif :
disesuaikan jarak (3000 – 5.000)
Jarak dekat 3.000 pelajar 1.000 – 3.000
1. Trayek
Lulut – Nambo
Trayek ini
mirip sama trayek ancot dari Nambo yang selalu ramai pas pagi hari dan jam
pulang kerja pabrik.
Warna :
biru
Rute :
Lulut, ARTEC, masjid As-salam, Indocement, Kamurang, Pasar Citeureup, Jalan
baru puspanegara
Jam operasi : 5.00 – sekitaran maghrib
Tarif :
disesuaikan jarak (3000 – 5.000)
Jarak dekat 3.000 pelajar 1.000 – 3.000
11. Trayek
Cagak – Cikuda
ancot ini jarang, sepi dan huhuhu. biasanya kalau saya lagi
lari pagi hari Minggu ke griya, saya pulangnya naik ancot ini nih gegara sudah
setengah tewas hahaha.
Nah untuk
jam operasi paling malam itu sebenarnya disesuaikan ya jadi biasanya ya ga
sampai akhir tujuan dan ga semua armada beroperasi semua sampai jam malam.Jadi
ya cari aman ya jangan pulang malem yaa ngeri loh malem-malem emang cewek
apaan, lagian kalau malem-malem temennya waria semua hiiyyy.
Ohya, jangan
lupa juga pastikan jurusan ancot yang mau kamu naikin itu sesuai sebelum
masukin kepala kamu ke ancot.Misalnya posisi kita di Ciriung Cibinong mau ke
Indocemet yang ada di perbatasan Citeureup - Gunung Putri. Nah ketika ada ancot
nomor 64 berhenti, kita tanya dulu sebelum naik meskipun kita tahu trayek 64
kan ngelewatin Indocement, tanya “Cileungsi, bang?”, takut-takut itu sebenarnya
ancot mau muter balik, kan berabe nyasar, heheh. Dan kalau kita menjadi
penumpang seorang diri yang ada di ancot itu, dan tiba-tiba abang supir
bertanya “turun di mana neng?”, plis jawab aja ga usah su’uzon pake nimbal
balik “kepo deh”, atau “mau tau aja apa mau tau banget?”, jangan ge-er, karena
sebenernya kali aja kamu itu mau diturunin sama abang supirnya, hehehe. Dan
kalau diturunin, it’s free, ga usah
bayar!!
Dan
pengalaman saya yang sejak SMP menjadi salah satu ancot-user, perubahan tarif
ancot dari tahun ke tahun karena kenaikan BBM udah sering banget saya alami.
Dari harga ancot cuma gope sampe yang paling jauh pernah saya bayar itu 24 ribu
rupiah pernaaaahh!, karena waktu saya berdelapan sama geng saya, hahaha. Jadi
apa ya, seiring metamorfosisnya tariff ancot, selaras juga dengan semakin banyak
kenangan di dalam ancot. Saya juga jadi tahu kalau tidak semua ancot itu
sama. Ada yang begajulan. Ya ALLAH ini mah ancot-ancot wanaherang atau
cileungsi nih, akibat terkena macet di Cagak. Dulu tuh ya pas jaman SMP dan
SMA, naik ancot di jam sibuk mendingan ga usah sama ibu-ibu deh, berisik. Pasti
bakal komat-kamit gara-gara ancotnya udah miring 45 derajat di pinggir kali.
Karena saya masih muda sih saya pikirnya uji adrenalin, lah kalau ibu-ibu, apa
ga dimaki-maki itu supir ancot!, hahaha. Tapi untungnya, akhir-akhir ini saya
naik ancot lewat sana, kemacetannya udah ga terlalu parah, jadi ancot-ancot
bisa sedikit kalem.Tapi ada juga ancot yang kalem banget, saking kalemnya tuh
ancot mau-maunya nungguin calon penumpang yang masih ngunci pintu rumahnya.Kebayang
ga ngetemnya berapa lama.Yang gedeg sih ya kalau nungguin calon penumpang dari
ujung mata memandang doi berjalan di gang rumahnya, eh pas udah mau deket
ancot, tangannya melambai-lambai, dia kira lagi ajang kecantikan kali ya, harus
nungguin dia dadah-dadah dari deket.
Pokoknya banyak kenangan di ancot. Saya kan juga
sebenarnya orangnya mabuk kendaraan, bahkan sampai
sekarang, meski ga separah dulu. Waktu SMP saya beberapa kali muntah di ancot.Sering
juga jatuh bahkan pernah sampai terlentang pas mau turun dari ancot. Tapi pas
SMA, saya udah ga pernah ada aneh-aneh lagi di ancot, alhamdulillah. Tapi
fenomena anak sekolah pacaran sama supir ancot marak di sini apalagi untuk
sekolah-sekolah yang banyak a-be-ge labil bin alaynya. Pernah suatu ketika abis
pulang kuliah, waktu itu sore-sore menjelang maghrib. Di samping kursi supir
duduk siswi SMP, berkerudung putih. Saya awalnya ga naruh curiga, tapi pas saya
udah mau sampai tempat saya biasa turun dari ancot, si supir nanya ke saya “teh
turun dimana?”, saya bilang “di depan masjid bang”. Berhubung tempat saya turun
ini termasuk yang paling mentok, jadi sering supir nanya gitu TAPI biasanya pas
emang tinggal saya sendiri yang jadi penumpang. Eh kemudian setelah saya turun,
ternyata ancotnya muter lagi, lah itu anak SMP ga pulang-pulang apa ke
rumahnya ? lagian di daerah sini, ga ada sekolah pulang sampai sore
banget. Ckckck anak jaman sekarang yah, bikin pusing pala pak Yasin.
Nah, jadi pengunjung sekalian, sebelum lanjut ke angkutan
lainnya yaitu Bis, sepertinya akan saya lanjut ke PART 2 aja yah, ga kerasa
bacot banget ini mulut ceritainnya. Yah semoga postingan selanjutnya lebih
banyak MANFAATnya dibanding basa-basi saya, hehehe.Tapi gapapalah, blog-blog
saya.Salam damai selalu. Ingat
BAYAR SESUAI TARIF tjooooyy!
Komentar
Posting Komentar