Langsung ke konten utama

HATI-HATI! PENIPUAN ADA DI MANA SAJA!

Di jaman canggih kayak sekarang ini, banyak penipuan dilakukan oleh oknum-oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan. Penipuan yang ada pun bermacam-macam jenisnya, ada yang berskala besar, berskala kecil, ada yang secara langsung ada yang secara tidak langsung. Dan sebagai manusia yang polos (hahahah) saya juga pernah mengalami penipuan, yah sisi positifnya saya jadi lebih berhati-hati. Nah, selanjutnya mari kita urutkan penipuan yang paling sering ‘muncul’ dalam dunia yang semakin carut-marut ini.

1.     MAMA MINTA PULSA
http://www.bigwisu.com/2010/08/25/penipuan-sms-mama-minta-pulsa

Pasti hampir 99,99% orang yang punya hanphone di Indonesia pernah menerima sms dari Mama yang minta pulsa, karena Mama lagi ada di kantor polisi. Aduh Maaaa….. ngapain juga di kantor polisi. Lucunya, mama sms minta pulsa pake nomor lain dan minta dikirimin pulsanya ke nomor lain. Mama ini benar-benar buronan nih kayaknya, punya nomor sampai banyak gini. Tapi yang jelas, ternyata yang suka minta pulsa bukan mama aja sekarang, ada Ayah, Adek, Nenek.  Hahahahha sekeluarga pengemis pulsa ceritanya.

2.    UNDIAN mengatasnamakan Bank-Bank dan Perusahaan Besar
http://sumsel.tribunnews.com/2013/12/21/prabumulih-marak-sms-penipuan-menang-hadiah-dari-bank-bri

Suka liat kan iklan undian-undian dari bank di TV? Naaah saking sering dan banyaknya undian di TV, kita sampai hapal nama undian dan ga ngeh kapan berakhirnya, pokoknya ada undian lah. Nah, kesempatan ini dimanfaatin sama orang-orang jahat untuk melakukan penipuan dengan mengrimkan sms yang berisi tulisan ”selamat anda memenangkan hadiah senilai 27jt dari Bank XXX”. Malah mereka juga kadang pakai nomor khusus, gatau juga gimana caranya tapi pernah saya dapat sms penipuan gitu pengirimnya gada nomornya, langsung nama sid@muncul atau indos@t. Saya kepikiran ini perusahaan alay banget ya hahahah. Ohya, bagi pengguna kartu indosat, juga kayaknya sering banget dapet sms penipuan mengatasnamakan M-TRONIK. Well, hati-hati aja yah heheh

Nah, dua di atas merupakan penipuan yang paling sering dijumpai dan biasanya kita juga udah ga kaget lagi dapat beginian. Namun masih adalagi penipuan yang berkedok hal lain, seperti berkedok online shop, berkedok bisnis atau investasi, berkedok lowongan pekerjaan dan mungkin masih ada berkedok yang lainnya yang jelas pasti pada awalnya mereka membuat penawaran yang sangat menggiurkan sehingga orang-orang tertarik untuk menghubungi kontak tersebut. Salah satunya penipuan yang pernah menimpa saya hahaha, sungguh sangat memalukan. Jadi begini ceritanya…..

Tau teh rosella? Saya sebenarnya waktu itu kurang tau hahah. Jadi saya nemu postingan butuh pengelem kantung teh dengan bayaran 70ribu per kotak. Dan di sana dicantumin narahubung nya, misalnya Bapak Wendy 080000000. Yasudah saya ga pakai pikir sekalipun langsung sms dan dapat balasan untuk segera datang ke ruko perkantoran di Atrium, Senen. Besoknya saya ke sana dianterin temen saya. Saya ga menaruh curiga, tapi awalnya saya sempat mikirin sih, harga teh sekotak paling berapa lah kok ini cuma nempelin bungkus teh aja dibayar sampai 70ribu. Saya gam au terus-terusan mikirin karena cuma bikin mindblowing. Dan akhirnya saya ke sana deh. Setelah tiba di sana, saya diwawancara gitu dan dikasih tau gimana-gimana nati pengerjaannya. Terus saya diminta untuk bayar 150ribu kalau ga salah sebagai investasi pada pengerjaan pertama dimana saya nanti diberi beberapa kardus teh dan teh-tehnya juga lem. Terus dia bilang, kalau ga bisa bayar sekarang gapapa, bisa dibayar besok. Tapi saya harus bayar 5ribu sebagai biaya administrasi tadi. Hahaha sejak saat itu saya baru sadar kalau saya sudah ditipu. Dan mengeluarkan uang 5ribu pun jadi terasa berat waktu itu. Di perjalanan pulang di dalam bis, saya browsing dengan keywords « penipuan teh rosella lem lem » dan ternyata benar ada, banyak yang sudah kena tipu bahkan ada yang sampai jual hape demi bayar uang pertama itu. Waah kejam sekali ya.

Penipuan lain yang saya baru aware adalah penipuan lowongan kerja. Maklum sekarang kan udah merasa tua, merasa harus punya income, jadi mulai gugling lowongan kerja. Dan saya baru tahu ternyata penipuan berkedok lowongan kerja udah parah banget. Jahat banget ga sih, penipuan berkedok lowongan kerja pasti korbannya adalah orang-orang yang mencari kerja karena butuh uang tapi malah ditipu sampai kehilangan uang. Aduh. Yah pokoknya kita harus hati-hati deh. Sebisa mungkin kirim lamaran langsung ke kantor atau pabriknya. Atau kalau emang cuma bisa lewat online, pastikan dari web resmi perusahaan tersebut. Dan pasti kita harus cari tau dulu identitas dan riwayat perusahaan itu, ini benar perusahaan nyata atau hanya fiktif belaka. Yah minimal hosting email yang dipakai si perusahaan bukan hosting-hosting gretongan macam gmail, yahoo, Hotmail dan lain-lain. Jika itu memang sejenis badan usaha kecil, ga ada salahnya menghubungi narahubung yang tercantum dan mengirim langsung lamaran ke kantor tersebut.

Penipuan lainnya biasanya yang berkedok investasi yang awal-awal pelaksanaan berjalan lancar kemudian setelah 4 bulan menghilang tanpa jejak. Ini mirip juga sama penipuan arisan. Penipuan online shop, order bb cream dikirimnya tube kosong, hadeeehhh atau udah ditransfer eh barangnya ga dikirim-kirim, nah yang kayak gini nih yang bikin maju-mundur-maju-mundur ngonline shop. Penipuan travel umroh juga banyak loh! Kalau mau umroh lebih baik menggunakan jasa travel yang sudah jelas kasak-kusuknya. Lalu penipuan apalagi yaaaa, yah pokoknya penipuan-penipuan di atas hanya mengakibatkan kita rugi secara materi (secara ujung-ujungnya kita kehilangan uang, atau dipaksa membayar dengan jumlah tertentu). Ada lagi penipuan yang kerugiannya bukan materi melainkan perasaan, yaitu penipuan photo-photo di media social jaman sekarang. Duh wajahnya mulus, bening, cantik, eh pas ketemu aslinya juleha jadi juminem, alias beda! Hahahahaha penipuan juga loh!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANGKUTAN TRANSPORTASI DI CIBINONG (Kabupaten Bogor) PART 1 ANCOT

Sebagai salah satu warga kabupaten bogor yang baik, saya lebih sering naik transportasi umum untuk menunjang aktivitas sehari-sehari saya, ahahah namanya juga ga bisa mengendarai motor. Nah, saya ingin berbagi informasi mengenai transportasi umum yang ada di daerah sini, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi teman-teman blogwalkers semua. Ancot-ancot (baca: angkot) http://www.goepoet.com/forum/?post=forum&i=134&Trayek%20angkota%20yang%20ada%20di%20bogor%20bro....%20cekidot..&p=f Yah, saya juga gatau kenapa saya nulisnya ‘ancot’, ini bukan budaya orang cibinong tapi ya cuma udah jadi kebiasaan saya aja, hehehe. Jadi ya kita semua tahu kan Kota Bogor juga punya julukan lain selain Kota Hujan tetapi sebagai Kota Ancot. Begitupun di Kabupaten Bogor, ada banyak banget nomor trayek angkot tapi rutenya lumayan lebih jauh dibanding ancot-ancot di Kota Bogor dan juga tarifnya bervariasi, tergatung jarak dan status penumpang; apakah single-doble atau kurus-gendut, haha bo’

REVIEW ALBUM SPEAK NOW

Speak Now, album ketiga Taylor swift ini dirilis pada 25 Oktober 2010. Semenjak dirilis, orang-orang memberikan review yang sangat positif bahkan mendekati sempurna untuk album ini. Melengkapi respon positif dari orang-orang, speak now berhasil dengan hebatnya menembus angka satu juta kopi dalam minggu pertamanya yaitu 1.047.000. Hal ini menyebabkan Swift menjadi artis pertama yang mendapatkan satu juta kopi penjualan albumnya diminggu pertama sejak Garth Brooks ditahun 1994. Speak Now menjadi rekor sebuah album country dari artis wanita. Dan baru masuk tahun 2011, di bulan Februari, speak now berhasil menembus angka 4,4 juta kopi.     DELUXE EDITION                   Semua lagu dalam album ini ditulis dan dicompose langsung oleh Taylor Swift. Speak now bisa dibilang sebagai diary Swift dari 2 tahun kebelakang. Berbicara tentang lagu-lagunya, masing-masing lagu ditujukan kepada orang yang berbeda-beda. Dalam album ini, Swift terinspirasi dari

FAITH: Kisah Cinta Jendral Choi Young dan Tabib Agung Eun Soo

Masih dalam rangka membicarakan serial drama korea FAITH: THE GREAT DOCTOR, aku bisa tau bagaimana cinta tak kenal usia, ruang dan waktu. Tak peduli kepada siapa kita mencinta, ketika cinta sudah datang, tak bisa lagi untuk menolak kehadirannya. Di dalam cerita drama korea ini, selain menceritakan kisah cinta antata pemeran utama Jendral Choi Young dan Tabib Agung Eun Soo, ada juga kisah cinta Raja Gong Min dan Ratu No Gook. Meskipun Jendral Choi Young, Raja Gong Min dan Ratu No Gook adalah tokoh nyata dalam sejarah kerajaan Goryeo di Korea, namun tokoh Tabib Agung hanya fiksi belaka jadi kisah cinta antara Jendral Choi Young dan Tabib Agung ini fiksi juga... Heuhuhu sayang sekali. Tapi for your information aja, usut punya usut, sang pembuat skenario cerita ini terinspirasi oleh istrinya Jendral sendiri dalam memilih nama untuk tabib agung, karena nama marga istrinya jendral adalah "Yoo", mirip kan sama "Yoo Eun Soo"..?! Heheh, dan bunga krisan yang selalu muncu