Langsung ke konten utama

Pelanggan Kecewa

Belanja online kini emang ga seribet dulu. Cara pembayarannya juga udah macem-macem; dari transfer manual ke bank, di ATM, pakai kartu kredit, PayPal, dan bahkan Cash On Delivery. Beberapa E-Commerce juga kerjasama dengan minimarket-minimarket sebagai pihak ketiga untuk menerima pembayaran tagihan online, sebut saja Indomaret dan Alfamart.

Pembayaran via kasir minimarket ini pasti sangat membantu orang-orang seperti saya yang ga punya rekening bank, apalagi kartu kredit dan yang rumahnya lumayan jauh dari bank. Tapi gimana jadinya sesuatu yang memudahkan ini malah tetep aja jadi ga begitu membantu banyak dikarenakan SDMnya juga yang ga mau belajar caranya transaksi FinPay tagihan online?

Kenapa saya mengatakan begitu? Karena sudah beberapa kali kalau lagi keluar dan lagi di daerah-daerah yang lebih kekotaan, sempet bayar tagihan online dan lancar-lancar aja. Mas dan Mba kasir paham sistem pembayaran FinPay itu, ya pokoknya sesuai dengan yang diharapkan dan sesuai juga denh visinya yang membantu sekali. Tapi beberapa kali coba di minimarket dekat rumah, selalu aja jawabannya "sedang gangguan". Pertama kali saya pikir ohiya mungkin karena mau tahun baru kali ya (saat itu tanggal 30 Desember), kemudian keesokannya tgl 31 saya coba di minimarket yang sama hanya saja lokasinya dekat stasiun cibinong (oke ini lebih kekotaan ya segaknya), dan ternyata lancar jaya. Dan hari ini, aku coba bayar lagi di minimarket deket rumah yg pada tanggal 30 Des bilangnya ada gangguan, ternyata hari ini dia juga bilang ada gangguan. Padahal sebelum aku melihat mba itu jadi kasir minimarket itu, aku pernah bayar tagihan online di situ dan dilayani oleh mba-mba supel dan prosesnya lancar aja padahal waktu itu aku inget banget dia bilang "coba dulu ya, ini masukin nomor hp ya teh?, oh kode pembayarannya ada?" yang mengindikasikan kalau dia juga baru pertama kali melayani pembayaran FinPay.

Nah yang saya kurang suka ini, kasir yang sekarang terkesan ga mau berusaha dulu. Saya yakin dalam layar komputer kasir, pasti isinya sesuatu yang dapat dipahami meskipun belum mendapatkan pelatihan khusus mengenai pembayaran FinPay. Jadi, sebuah fasilitas yang dibuat untuk memudahkan pelanggan bertransaksi melalui minimarket itu bukankah juga hanya menjadi sia-sia JIKALAU SDM nya tidak siap atau setidaknya tidak mengamininya dengan alih-alih selalu mengatakan "ada gangguan" padahal sebenarnya mereka tidak tahu dan tidak mau tahu bagaimana caranya. Huhu pelanggan kecewa~~~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANGKUTAN TRANSPORTASI DI CIBINONG (Kabupaten Bogor) PART 1 ANCOT

Sebagai salah satu warga kabupaten bogor yang baik, saya lebih sering naik transportasi umum untuk menunjang aktivitas sehari-sehari saya, ahahah namanya juga ga bisa mengendarai motor. Nah, saya ingin berbagi informasi mengenai transportasi umum yang ada di daerah sini, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi teman-teman blogwalkers semua. Ancot-ancot (baca: angkot) http://www.goepoet.com/forum/?post=forum&i=134&Trayek%20angkota%20yang%20ada%20di%20bogor%20bro....%20cekidot..&p=f Yah, saya juga gatau kenapa saya nulisnya ‘ancot’, ini bukan budaya orang cibinong tapi ya cuma udah jadi kebiasaan saya aja, hehehe. Jadi ya kita semua tahu kan Kota Bogor juga punya julukan lain selain Kota Hujan tetapi sebagai Kota Ancot. Begitupun di Kabupaten Bogor, ada banyak banget nomor trayek angkot tapi rutenya lumayan lebih jauh dibanding ancot-ancot di Kota Bogor dan juga tarifnya bervariasi, tergatung jarak dan status penumpang; apakah single-doble atau kurus-gendut, haha bo’...

3 Memperkenalkan Orang Lain

Nah, setelah sebelumnya kita belajar bagaimana cara memperkenalkan diri sendiri, saatnya kita belajar bagaimana caranya memperkenalkan orang lain. Mari kita mulaaaaaiiii……… ! Thomas        : Salut Marie ! Ça va ? Marie          : Salut Thomas !, Oui Ca va bien, et toi ? Thomas        : Je vais bien, merci. Andi            : Salut Thomas ! Qui est-ce ? Thomas        : Salut Andi ! Elle est Marie . Andi            : Bonjour Marie, Je m’appelle Andi. Marie          : Bonjour Andi. Nah, untuk memperkenalkan orang lain, tentunya kita harus menggunakan subjek orang ketiga tunggal (dia laki-laki ataupun dia perempuan). Dalam Bahasa...

FAITH: Kisah Cinta Jendral Choi Young dan Tabib Agung Eun Soo

Masih dalam rangka membicarakan serial drama korea FAITH: THE GREAT DOCTOR, aku bisa tau bagaimana cinta tak kenal usia, ruang dan waktu. Tak peduli kepada siapa kita mencinta, ketika cinta sudah datang, tak bisa lagi untuk menolak kehadirannya. Di dalam cerita drama korea ini, selain menceritakan kisah cinta antata pemeran utama Jendral Choi Young dan Tabib Agung Eun Soo, ada juga kisah cinta Raja Gong Min dan Ratu No Gook. Meskipun Jendral Choi Young, Raja Gong Min dan Ratu No Gook adalah tokoh nyata dalam sejarah kerajaan Goryeo di Korea, namun tokoh Tabib Agung hanya fiksi belaka jadi kisah cinta antara Jendral Choi Young dan Tabib Agung ini fiksi juga... Heuhuhu sayang sekali. Tapi for your information aja, usut punya usut, sang pembuat skenario cerita ini terinspirasi oleh istrinya Jendral sendiri dalam memilih nama untuk tabib agung, karena nama marga istrinya jendral adalah "Yoo", mirip kan sama "Yoo Eun Soo"..?! Heheh, dan bunga krisan yang selalu muncu...