Belanja online kini emang ga seribet dulu. Cara pembayarannya juga udah macem-macem; dari transfer manual ke bank, di ATM, pakai kartu kredit, PayPal, dan bahkan Cash On Delivery. Beberapa E-Commerce juga kerjasama dengan minimarket-minimarket sebagai pihak ketiga untuk menerima pembayaran tagihan online, sebut saja Indomaret dan Alfamart.
Pembayaran via kasir minimarket ini pasti sangat membantu orang-orang seperti saya yang ga punya rekening bank, apalagi kartu kredit dan yang rumahnya lumayan jauh dari bank. Tapi gimana jadinya sesuatu yang memudahkan ini malah tetep aja jadi ga begitu membantu banyak dikarenakan SDMnya juga yang ga mau belajar caranya transaksi FinPay tagihan online?
Kenapa saya mengatakan begitu? Karena sudah beberapa kali kalau lagi keluar dan lagi di daerah-daerah yang lebih kekotaan, sempet bayar tagihan online dan lancar-lancar aja. Mas dan Mba kasir paham sistem pembayaran FinPay itu, ya pokoknya sesuai dengan yang diharapkan dan sesuai juga denh visinya yang membantu sekali. Tapi beberapa kali coba di minimarket dekat rumah, selalu aja jawabannya "sedang gangguan". Pertama kali saya pikir ohiya mungkin karena mau tahun baru kali ya (saat itu tanggal 30 Desember), kemudian keesokannya tgl 31 saya coba di minimarket yang sama hanya saja lokasinya dekat stasiun cibinong (oke ini lebih kekotaan ya segaknya), dan ternyata lancar jaya. Dan hari ini, aku coba bayar lagi di minimarket deket rumah yg pada tanggal 30 Des bilangnya ada gangguan, ternyata hari ini dia juga bilang ada gangguan. Padahal sebelum aku melihat mba itu jadi kasir minimarket itu, aku pernah bayar tagihan online di situ dan dilayani oleh mba-mba supel dan prosesnya lancar aja padahal waktu itu aku inget banget dia bilang "coba dulu ya, ini masukin nomor hp ya teh?, oh kode pembayarannya ada?" yang mengindikasikan kalau dia juga baru pertama kali melayani pembayaran FinPay.
Nah yang saya kurang suka ini, kasir yang sekarang terkesan ga mau berusaha dulu. Saya yakin dalam layar komputer kasir, pasti isinya sesuatu yang dapat dipahami meskipun belum mendapatkan pelatihan khusus mengenai pembayaran FinPay. Jadi, sebuah fasilitas yang dibuat untuk memudahkan pelanggan bertransaksi melalui minimarket itu bukankah juga hanya menjadi sia-sia JIKALAU SDM nya tidak siap atau setidaknya tidak mengamininya dengan alih-alih selalu mengatakan "ada gangguan" padahal sebenarnya mereka tidak tahu dan tidak mau tahu bagaimana caranya. Huhu pelanggan kecewa~~~
Komentar
Posting Komentar